Hubungan Konformitas dan Harga Diri Dengan Motif Pembelian Tas Bermerek Pada Wanita Karir
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara comformity dan motif membeli dengan motif pembelian tas branded high end pada wanita karir di DPRD samarinda. Variabel bebas ini adalah motif membeli dan variabel terikatnya adalah kesesuaian & harga diri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kesesuaian, skala harga diri dan skala motif pembelian. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa wanita karir di DPRD Kota Samarinda Kalimantan Timur sebanyak 73 orang. Analisis data menggunakan tes tau-b kendall. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan negatif antara comformity dan motif membeli dengan motif pembelian tas branded high end pada wanita karir di DPRD samarinda. Perilaku pada remaja dengan = 0,430 dan p = 0,000 <0,05, serta tidak ada hubungan antara motif pembelian dengan harga diri memiliki nilai korelasi pada remaja = -.106 dan p = 0,200> 0,05.