Pengaruh Konformitas dan Regulasi Emosi Terhadap Perilaku Cyberbullying
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh konformitas dan regulasi emosi terhadap perilaku cyberbullying siswa SMKN 15 Samarinda. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa dengan pengambilan sampel secara acak sederhana. Metode pengumpulan data menggunakan skala perilaku cyberbullying, konformitas, dan skala regulasi emosi. Data dianalisis dengan model regresi. Hasil penelitian dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh konformitas terhadap perilaku cyberbullying siswa SMK, nilai yang diperoleh adalah () = 0,137, nilai t <t tabel (1,750 <1,980) dan p value = 0,083 (p> 0,05); (2) terdapat pengaruh regulasi emosi terhadap perilaku cyberbullying siswa SMK, nilai yang diperoleh adalah (), nilai t <t tabel (-7,299 <1,980) dan p value = 0,000 (p <0,05); (3) terdapat kesesuaian dan regulasi emosi terhadap perilaku cyberbullying siswa SMK, nilai yang diperoleh adalah F hitung> F tabel (26,655> 3,073) dan p value = 0,000 (p <0,05). Sumbangan variabel (R2) kesesuaian dan regulasi emosi terhadap perilaku cyberbullying siswa SMK sebesar 31,3%.