Pengaruh Motivasi Dan Optimisme Terhadap Kedisiplinan Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris ada tidaknya hubungan motivasi dan optimisme terhadap disiplin ilmu menghafal Alquran santri di Pondok Pesantren Hizbullah Shuffah Samarinda. Subjek penelitian ini adalah 58 santri hafalan Alquran di Pondok Pesantren Hizbullah Shuffah Samarinda. Metodologi penelitian menggunakan skala disiplin, skala motivasi, dan skala optimisme. Skala tersebut disusun dengan skala model likert dan diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan optimisme terhadap disiplin ilmu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan dan signifikan antara motivasi dan optimisme terhadap disiplin disiplin peserta didik hafalan Al-Qur'an di Hizbullah. Pondok Pesantren Shuffah Samarinda dengan F = 36,630, R2 = 0,571, dan p = 0,000 (p <0,05). Pada motivasi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kedisiplinan dengan a (β) = 0,590, dan nilai t = 5,262, dan p = 0,000 (p <0,05). Pada optimisme terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan dengan nilai a (β) = 0,232, dan nilai t = 2,067, dan p = 0,043 (p <0,05).