Hubungan Body Image Dengan Perilaku Konsumtif Kosmetik Pada Remaja Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Citra Tubuh Dengan Perilaku Konsumtif Kosmetik Pada Remaja Putri Di SMK Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel terikat Konsumtif dan variabel perilaku bebas kosmetika dan citra tubuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala citra tubuh dan skala perilaku konsumtif kosmetik. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 dan 2 SMK Negeri 4 Samarinda (khusus bagian administrasi jurusan wanita muda) sebanyak 108 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji product moment dan parsial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara body image dengan kosmetik c. Perilaku konsumen pada jurusan Administrasi Perkantoran pada wanita muda dengan korelasi tertinggi = 0.755 dan p = 0.000 (p <0.05). Uji secara parsial hubungan aspek variabel body image memiliki hubungan yang kuat dengan variabel pembelian impulsif terhadap variabel perilaku konsumtif, sedangkan pada variabel aspek body image memiliki hubungan yang kuat dengan pemborosan dari variabel perilaku konsumtif, dan variabel Aspek citra tubuh memiliki keterkaitan yang kuat dengan pencarian variabel perilaku Konsumtif.