Pengaruh Motivasi Belajar dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Regulasi Diri Pada Maha-siswa yang Kuliah Sambil Bekerja di Fakultas Ekonomi Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Mulawarman Samarinda
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya terhadap pengaturan diri pada mahasiswa saat bekerja di Program Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda. Penelitian ini didasarkan pada tiga variabel yang melekat variabel yaitu regulasi diri dan variabel bebas yaitu motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya. Teknik pengambilan sampel yang ditentukan adalah dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa saat bekerja di program ekonomi syariah fakultas sains sosial dan politik mulawarman universitas samarinda yang dapat dikumpulkan sekitar 80 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode regresi analisis berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada pengaruh antara motivasi belajar dan pengaturan diri dengan t = -1,164 dan p = 0,248, tidak ada pengaruh antara dukungan sosial teman sebaya dengan regulasi diri dengan t = 0,432, dan p = 0,667, ada tidak ada pengaruh antara motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya dengan regulasi diri dengan F = 0,689, dan p = 0,505.