Pengaruh Kontrol Diri Pada Endorse dan Persepsi Harga Dengan Pengambilan Keputusan Membeli Produk Melalui Media Sosial Instagram
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri pada endorse dan persepsi harga dengan pengambilan keputusan membeli produk melalui media sosial Instagram. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel dengan variabel terikat yaitu pengambilan keputusan dan variabel bebas yaitu kontrol diri pada endorse dan persepsi harga. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2013 - 2014 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 100 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode uji analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh sangat signifikan antara pengambilan keputusan dan kontrol diri pada endorse dengan nilai Fhitung = 219.101 > nilai F tabel 3.09, nilai beta = 0.831, t hitung = 14.802 > t tabel 1.98, R Square = 0.691 dan p = 0.000. Dan terdapat pengaruh sangat signifikan antara pengambilan keputusan dan persepsi harga dengan nilai F hitung = 148.822 > nilai F tabel 3.09, nilai beta = 0.777, t hitung = 12.199 > t tabel 1.98, R Square = 0.726 dan p = 0.000. Serta terdapat Pengaruh yang sangat signifikan anatara kontrol diri dan persepsi harga dengan nilai F hitung = 259.120 > nilai F tabel 3.09, nilai beta = 0.852, t hitung = 16.097 > t tabel 1.98, R Square = 0.726 dan p = 0.000.