Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda
Abstract
Setiap rumah tangga memiliki kebutuhannya sendiri, dimana kebutuhan ini memiliki fungsi dan manfaatnya. Pembelian barang yang tidak berdasarkan kebutuhan tidak terlalu baik untuk kebutuhan rumah tangga. Artikel ini menceritakan tentang perilaku konsumen dalam membeli barang pada ibu rumah tangga di Samarinda. Mengumpulkan beberapa informasi dengan menggunakan wawancara dan observasi sesuai dengan pendekatan kualitatif. Data kemudian dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman. Dari penelitian, ada beberapa data yang ditemukan dari empat mata pelajaran. Subjek-subjek ini umumnya melakukan pembelian barang berdasarkan model yang menarik, diikuti dengan pembelian tanpa perencanaan; membeli barang berdasarkan pertimbangan harga dan tidak menguntungkan, membeli barang mahal akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi, membeli barang yang sama dengan merek yang berbeda, membeli barang untuk menjaga penampilan pribadi, serta membeli barang untuk menjaga simbol status.