Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Regulasi Diri Dengan Motivasi Berprestasi Citra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 79 siswa yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala pola asuh orang tua, pengaturan diri, dan motivasi berprestasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan pola asuh orang tua dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi dengan nilai F> F tabel (66,129> 3,12) dan p = 0,000 (p <0,05). Variabel kontribusi (R2) pola asuh orang tua dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi adalah 0,635 atau 63,5%, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan pola asuh orang tua dengan motivasi berprestasi dengan koefisien beta (β) = 0,393, nilai t> t tabel ( 4.324> 1.665) dan p = 0.000 (p <0,05); (3) ada regulasi diri korelasi positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi dengan koefisien beta (β) = 0,484, dan t hitung> t tabel (5,322> 1,665) dan p = 0,000 (p <0,05).