Pengaruh Gaya Hidup Brand Minded dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Dewasa Awal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup brand minded dan kontroversi terhadap perilaku konsumtif pada orang dewasa awal di Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 40 orang dewasa awal di Samarinda yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku konsumtif, gaya hidup brand minded dan kontrol diri. Data yang terkumpul dianalisis dengan menguji analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS untuk Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif gaya hidup brand minded terhadap perilaku konsumtif dengan koefisien beta = 0,271, dan nilai thitung> ttabel (2,192> 2,024 dan nilai p = 0,035 (p <0,05); (2) terdapat pengaruh negatif pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif dengan koefisien beta = -0.575, dan t hitung> t tabel (-4.654> 2.024) dan p = 0.000 (p <0,05); (3) terdapat pengaruh gaya hidup merek minded dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif dengan f hitung> f tabel (21,259> 3,25) dan p = 0,000 (p <0,05). Kontribusi gaya hidup brand minded dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada awal masa dewasa adalah 0,535 (53 persen).