Analisis Hirarki Kebutuhan Maslow dan Orientasi Masa Depan Gamer Dewasa Awal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis hierarki kebutuhan Maslow dan orientasi masa depan pada gamer dewasa awal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Responden dari penelitian ini diambil dengan purposive sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan mendalam wawancara dengan empat subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subjek menggambarkan hierarki kebutuhan Maslow dan berbagai orientasi masa depan. Dalam subjek pertama AN, dapat mengaktualisasikan diri sebagai gamer wanita, dapat mengembangkannya kemampuan, sehingga subjek AN memiliki gambaran yang jelas tentang orientasi masadepan, salah satunya adalah untuk menjadi gamer profesional go internasional. Subjek kedua dari HB adalah terpenuhi dalam hal kebutuhan keamanan sebagai gamer dewasa awal, sehingga subjek HB miliki deskripsi orientasi masa depan di bidang pekerjaan yang sesuai di bidangnya. Subjek ketiga FI terpenuhi pada kebutuhan rasa dihargai sebagai gamer, subjek tidak mendapat dukungan dari kedua orang tua, sehingga subjek FI memiliki gambaran masa depan orientasi yang tidak terarah. Dalam subjek ER keempat, itu sudah cukup untuk kebutuhan keamanan sebagai gamer dewasa awal, sehingga subjek ER memiliki gambar orientasi ke depan di bidang pekerjaan sesuai dengan bidangnya.