Hubungan Stres Akademik dan Self-Regulated Learning Dengan Kecanduan Jejaring Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dan pembelajaran mandiri terhadap kecanduan jejaring sosial pada siswa kelas 12 Sekolah Menengah Atas 5 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian yang berjumlah 112 siswa menjadikan peneliti menggunakan teknik purpossive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala stres akademik, skala belajar mandiri dan skala kecanduan jejaring sosial. Data penelitian dianalisis dengan Pearson Product Moment Correlation Test oleh program Statistik Paket untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 untuk Windows. Hasil ini menunjukkan bahwa ada korelasi positif dan signifikan antara stres akademik dan kecanduan jejaring sosial di kelas 12 SMA 5 Samarinda dengan r = 0,355 dan p = 0,000. Selain itu, antara belajar mandiri dan kecanduan jejaring sosial ada juga yang memiliki korelasi negatif dan signifikan dengan r = -0.244 dan p = 0,010.