Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dan Intensitas Bermain Game Online dengan Intensi Berperilaku Agresif Pada Siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan konformitas teman sebaya dan intensitas bermain game online dengan intensi berperilaku agresif pada siswa SMA Katolik W.R. Soepratman Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian sebanyak 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu skala intensi berperilaku agresif, skala konformitas teman sebaya, dan skala intensitas bermain game online dengan model skala likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi model bertahap dan model penuh dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 20.0 for Windows. Hasil analisis pertama menunjukkan tidak ada hubungan antara konformitas teman sebaya dengan intensi berperilaku agresif, nilai yang diperoleh adalah Thitung < Ttabel (Thitung = -0,262) dengan p > 0.05 (p = 0,794). Hasil analisis kedua menunjukkan ada hubungan antara intensitas bermain game online dengan intensi berperilaku agresif, nilai yang diperoleh adalah Thitung > Ttabel (Thitung = 3,187) dengan p < 0.05 (p = 0,002). Hasil analisis ketiga menunjukkan ada hubungan antara konformitas teman sebaya dan intensitas bermain game online dengan intensi berperilaku agresif, nilai yang diperoleh adalah Fhitung > Ftabel (Fhitung = 5,492) dengan Adjusted R Square = 0,132 dan p < 0.05 (p = 0,007).