Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Belajar Pada Siswa yang Aktif dalam Kegiatan Ekstrakurikuler
Abstract
Menurut beberapa analisis penelitian, penundaan mempengaruhi seluruh masyarakat Indonesia termasuk siswa. Prokrastinasi akademik memberikan banyak efek negatif bagi siswa seperti menunda-nunda penyelesaian tugas, menurunkan motivasi siswa untuk mengejar pendidikan tinggi dan melewatkan kelas sangat sering. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara prokrastinasi akademik dan prestasi belajar siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMK N 20 Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah juga untuk mengetahui hubungan antara prokrastinasi akademik dan prestasi belajar siswa di SMK N 20 Samarinda pada tahun akademik 2015/2016. Kuesioner skala Likert diujicobakan untuk 33 siswa. Kemudian diberikan kepada 50 siswa sebagai subjek penelitian. Data dianalisis menggunakan SPSS 20 for windows dengan menerapkan validitas dan reliabilitas, deskriptif, linieritas, normalitas dan uji korelasi. Perhitungan korelasi product moment pada tingkat kepercayaan 0,05 (5%) untuk 53 subjek penelitian adalah N = 53, r tabel = 0,279. Ini menunjukkan bahwa rcount lebih rendah dari rtable, Ho diterima dan Ha ditolak. Kalau tidak, jika rcount lebih tinggi dari r tabel, Ha ditolak. Hasil korelasi menunjukkan bahwa rhitung <rtabel (0,097 <0,279, 0,097> 0,05).