Pengaruh Antara Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Kedisiplinan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan orang tua dan motivasi belajar terhadap kedisiplinan siswa di SMP Negeri 11 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 90 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala Keterlibatan Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Kedisiplinan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan keterlibatan orang tua dengan koefisien beta disiplin (β) = 0,225, dan nilai t hitung> t tabel (2,105> 1,987) dan nilai p = 0,043 (p < 0,05); (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kedisiplinan dengan koefisien beta (β) = -0,238, dan nilai t hitung t tabel (2,311> 1,987) dan p = 0,023 (p <0,05); (3) terdapat pengaruh keterlibatan orang tua dan motivasi belajar terhadap kedisiplinan siswa dengan nilai F hitung> F tabel (3,721> 1,62) dan nilai p = 0,028 (p <0,05). Sumbangan variabel (R2) = 0,496 keterlibatan dan motivasi belajar orang tua tentang kedisiplinan siswa SMP Negeri 11 Samarinda adalah 49,6%.