Motivasi Perilaku Public Display Affection (PDA) di Media Sosial Pada Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran motivasi perilaku public display affection (PDA) di media sosial pada remaja di Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Responden penelitian ini diambil secara purposive sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan ketiga subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek adalah pengguna media sosial aktif dan berbagi perilaku PDA pada akun media sosial mereka. Ketiga subjek memiliki motivasi yang sama, ada keinginan untuk mendapatkan perhatian banyak orang, kepuasan pribadi terasa setelah mengunggah konten, dan ingin menunjukkan semua aktivitas yang mereka lakukan di media sosial. Dalam mata pelajaran KSM memiliki motivasi yang berbeda karena kecenderungan posesif yang dimiliki oleh pasangannya. Subjek NY memiliki motivasi untuk mendapatkan uang dari perilaku PDA yang dia lakukan. Faktor-faktor yang memengaruhi subjek adalah dukungan dari masing-masing pasangan, respons terhadap unggahan mereka, semua fasilitas yang dimiliki, dan keadaan keluarga subjek