Pengaruh Konformitas dan Harga Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif Aitem Fashion

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menganalisis pengaruh konformitas dan martabat perilaku pembelian kompulsif pada siswa (studi siswa di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, Universitas Mulawarman). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Yang memiliki kecenderungan perilaku pembelian kompulsif, sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan purposive sampling, alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, dan data dianalisis dengan model regresi dan secara bertahap diisi dengan bantuan Paket Statistik untuk program Ilmu Sosial. (SPSS) 22.0 untuk Windows. Hasil analisis pertama menunjukkan bahwa ada pengaruh konformitas terhadap perilaku pembelian kompulsif, nilai yang diperoleh beta = 0,282, t = 2,387 dan p = 0,019 (p <0,050). Hasil analisis kedua menunjukkan bahwa ada pengaruh harga diri terhadap perilaku pembelian kompulsif, nilai beta yang diperoleh = 0,223, t = 1,885, dan p = 0,007 (p <0,050). Dan hasil analisis ketiga menunjukkan bahwa ada pengaruh konformitas dan harga diri terhadap perilaku pembelian kompulsif sekitar 60%, dengan nilai yang diperoleh F = 3,078, R2 = 0,060, dan p = 0,051 (p <0,050).