Pengaruh Konformitas dan Motivasi Belajar Terhadap Perilaku Membolos untuk Bermain Game Online
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konformitas dan motivasi belajar terhadap perilaku membolos bermain game online pada siswa di Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi model akhir untuk mengetahui seberapa besar pengaruh prediksi variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang membolos di Samarinda. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel rancangan Consecutive Sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda, hasil analisis menunjukkan bahwa kesesuaian dan motivasi belajar terhadap perilaku membolos berpengaruh sangat signifikan dengan F = 119,599 (F Hitung> F Tabel), R2 = 0,711, dan p = 0,000 (p <0,050). Kemudian terdapat pengaruh yang signifikan antara konformitas dengan perilaku membolos dengan beta = 0,203, t = 2,330 dan p = 0,022, pada pembelajaran dengan perilaku membolos memiliki pengaruh yang sangat signifikan dengan beta = 0,675, t = 7,738, dan p = 0,000.