Pengaruh Perfeksionisme Siswa dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh kesempurnaan dan pola asuh siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan quatitaive. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Samarinda yang memiliki kecenderungan perfeksionis sebanyak 81 orang. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan rapor, skala kesempurnaan siswa, dan skala pola asuh siswa. Timbangan disusun dengan skala model likert dan diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kesempurnaan siswa dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Samarinda, dengan nilai signifikan (p) sebesar 0,000 dan F hitung sebesar 25,922 dengan pengaruh besar 39,9%. . Pada kesempurnaan siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Samarinda terdapat pengaruh dengan nilai koefisien beta (β) 0,653, dan nilai t hitung 6,653, t tabel 1,984 dan (p) 0,000. Pada pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Samarinda tidak terdapat pengaruh dengan nilai koefisien beta (β) 0,050 dan nilai t hitung 0,508, t tabel 1,984 dan (p) 0,613.