Kontrol Diri dan Penyesuaian Diri dengan Kedisiplinan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan penyesuaian diri dengan disiplin siswa MTS Sulaiman Yasin Samarinda. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah total subjek adalah 112 orang dengan menggunakan total sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Data penelitian yang diperoleh menggunakan skala likert tentang kontrol diri, penyesuaian diri, dan disiplin. Data dianalisis dengan model regresi penuh dan bertahap dengan bantuan dari paket Statistik Program untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 untuk windows. Hasil analisis pertama menunjukkan ada korelasi antara kontrol diri dengan disiplin, nilainya adalah Nilai TV> Tabel (Nilai TV = 2,830> Ttabel = 1,984) dan p = 0,005 <0,050. Hasil analisis kedua menunjukkan ada korelasi antara penyesuaian diri dengan disiplin, nilainya adalah Nilai TV> Ttabel (Nilai TV = 8,730> t tabel 1,984) dan p = 0,000 <0,050. Hasil analisis ketiga menunjukkan ada korelasi antara kontrol diri dan penyesuaian diri dengan disiplin, nilainya adalah Fvalue> Ftable (Fvalue = 112,398> Ftable = 3,07), Adjusted R square = 0,805, dan p = 0,000 <0,050.