Pengaruh Kerjasama Tim dan Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kerja tim dan kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan perawat di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan 55 perawat sebagai sampel yang dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kualitas layanan, kerja tim, dan kepuasan kerja. Ketiga skala tersebut disusun dengan skala likert dan menggunakan SPSS (Paket Statistik untuk Ilmu Sosial) versi 20.0 untuk windows untuk analisis statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kerja tim dan kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan perawat, yaitu f hitung f tabel (15,832 3,16) dan p = 0,000 (p 0,05). Kontribusi pengaruh kerja tim dan kepuasan kerja terhadap kualitas layanan adalah 0,365 (36,5 persen). Ada pengaruh yang signifikan dari kerja tim terhadap kualitas layanan perawat dengan koefisien beta () = 0,076, dan t hitung t tabel (2,715 2,005) dan p = 0,028 (p 0,05). Ada pengaruh signifikan kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan perawat dengan koefisien beta () = 0,181, dan t hitung t tabel (2,936 2,005) dan p = 0,005 (p 0,05).