Hubungan Gaya Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan gaya belajar dan persepsi siswa tentang metode pengajaran guru tentang prestasi belajar matematika SMA Negeri 1 Sangatta Utara. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu: prestasi belajar matematika sebagai variabel dependen dan gaya belajar dan persepsi siswa tentang metode pengajaran guru sebagai variabel independen. Pengumpulan data dikumpulkan dengan menggunakan metode skala. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Sangatta Utara sekitar 75. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes analisis Kendal's Tau nonparametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar matematika dengan nilai korelasi -0,117 dan nilai p> 0,05 (p = 0,186) dan ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang metode pengajaran guru dan prestasi belajar matematika. belajar dengan nilai korelasi -0,050 dan nilai p> 0,05 (p = 0,575).