Pengaruh Kebisingan Dan Motivasi Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebisingan dan motivasi belajar terhadap konsentrasi belajar siswa MTs Antasari Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 70 siswa di MTs Antasari Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala konsentrasi belajar, skala kebisingan, dan skala motivasi belajar. Data penelitian dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kebisingan dan motivasi belajar terhadap konsentrasi belajar dengan nilai fhitung> f tabel (25,30> 3,13) dan nilai p = 0,000 (p <0,05). sumbangan pengaruh kebisingan dan motivasi belajar terhadap konsentrasi belajar sebesar 0,43 (43 persen); (2) terdapat pengaruh negatif dan signifikan kebisingan terhadap konsentrasi belajar dengan koefisien beta (β) = -0,197, nilai t> t tabel (-2,134> 1,668) dan nilai p = 0,036 (p <0,05); (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap konsentrasi belajar dengan koefisien beta (β) = 0,610, nilai t> t tabel (6,596> 1,668) dan nilai p = 0,000 (p <0,05).