Hubungan Antara Konformitas dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik

Abstract

Masalah prokrastinasi atau keterlambatan, menurut beberapa hasil penelitian adalah salah satu masalah yang menimpa mayoritas anggota masyarakat luas seperti di Indonesia, terutama pada siswa. Perilaku prokreasi pada siswa banyak akibat negatifnya, termasuk siswa akan mendapat nilai lebih rendah, mengundurkan diri ke pendidikan tinggi dan tingkat kehadiran cenderung rendah di ruang kelas. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kesesuaian dan dukungan orang tua terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMPN 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan skala likert yang telah dicoba pada 95 siswa dan mengambil 95 siswa sebagai subjek. Seluruh data dianalisis dengan perhitungan SPSS 20 for windows. Analisis data terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, deskriptif, linieritas, normalitas, multikolinearitas, dan regresi. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara variabel konformitas terhadap prokrastinasi akademik dengan scorebeta = -0,071, t = -0,671, t tabel = 1,966 dan p = 0,504. Sedangkan ada hubungan yang signifikan antara variabel dukungan orang tua terhadap prokrastinasi akademik dengan scorbeta = -0,450, t = -4,226, t tabel = 1,966 dan p = 0,000. Namun, ada korelasi yang signifikan antara kepatuhan dan dukungan orang tua terhadap prokrastinasi akademik dengan skor f = 14,577, f tabel = 3,09, R = 0,491, R2 = 0,241 dan p = 0,000.