Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dan Gaya Hidup Konsumtif Dengan Kepercayaan Diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan konformitas dan gaya hidup konsumen dengan kepercayaan diri di SMA Negeri 1 Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar hubungan dan kemampuan prediksi variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah 329 siswa di SMA Negeri 1 Samarinda. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa di SMA Negeri 1 Samarinda yang diperoleh dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 22.0 for windows 7. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif dan sangat signifikan antara konformitas teman sebaya dan gaya hidup konsumen dengan kepercayaan diri dengan F hitung> F tabel = 17.409> 3.150, R2 = 0.264, dan p = 0,000 <0,050. Ada hubungan negatif dan signifikan antara konformitas teman sebaya dengan kepercayaan diri dengan beta = -0,288, t hitung> t tabel = -3,232> 1,985, dan p = 0,002 <0,050. Kemudian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya hidup konsumen dengan kepercayaan diri dengan beta = 0,370, t hitung> t tabel = 4,150> 1,984, dan p = 0,000 <0,050.