Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Dengan Pelayanan Prima
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi kerja dan kepuasan kerja dengan pelayanan prima (service excellence) pada perawat BLUD RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah perawat BLUD RSUD Dr. H. Soermarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, dengan sampel sebanyak 70 perawat yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan Program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 24.0 untuk Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada hubungan antara motivasi kerja dengan service excellence pada perawat RSUD dengan koefisien beta (β) = 0,000, dan t hitung> t tabel (-0,003 <1,995) dan p = 0,997 (p <0,05). ); (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja dengan pelayanan prima (service excellence) pada perawat RSUD dengan koefisien beta (β) = 0,927, dan nilai t hitung> t tabel (19,326> 1,995) dan p nilai = 0,000 (p <0,05); (3) terdapat hubungan motivasi kerja dan kepuasan kerja dengan service excellence pada perawat RSUD dengan nilai f hitung> f tabel (203.668> 3.19) dan p = 0.000 (p <0.05). Kontribusi pengaruh (R2) terhadap motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap service excellence pada perawat sebesar 0,859.