Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Mutu Pelayanan Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan kemampuan kerja terhadap mutu pelayanan karyawan bank rakyat Indonesia Balikpapan. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu variabel terikat yakni mutu pelayanan dan variabel bebas yakni motivasi kerja dan kemampuan kerja. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan bank raykat Indonesia Balikpapan sebanyak 95 karyawan. Teknik analisa data yang digunakan adalah metode analisa deskriptif dan analisa regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh psotif dan signifikan antara pengaruh motivasi kerja terhadap mutu pelayanan dengan nilai beta = 0.393, t hitung > t tabel = 4.180 > 1.986, dan p = 0.000, terdapt pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan kerja terhadap mutu pelayanan dengan nilai beta = 0.227, t hitung > t tabel = 2.416 > 1.986, dan p = 0.018, terdapat pengaruh signifikan antara motivasi kerja dan kemampuan kerja terhadap mutu pelayanan dengan F hitung > F tabel = 16.212 > 3.071, R2 = 0.261, dan p = 0.000.