Kecerdasan Emosi dan Penyesuaian Diri pada Remaja Awal di Panti Asuhan Uswatun Hasanah Samarinda
Abstract
Remaja selalu dianggap sebagai usia yang masih tidak stabil dan mudah dipengaruhi oleh lingkungan mereka. Ada beberapa kebutuhan psikologis di dalamnya, terutama yang tinggal di panti asuhan. Mereka diharapkan dapat mengembangkan kepribadian yang sehat, karena selama mereka tinggal di panti asuhan mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk mendukung perkembangan mental mereka. Sedemikian rupa, mereka dapat mempertahankan kecerdasan emosional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kecerdasan emosional remaja dan penyesuaian diri mereka selama mereka tinggal di panti asuhan. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan dan menggambarkan subjek yang akan diteliti berdasarkan hasil wawancara mendalam. Ada empat Subjek dalam penelitian ini. Mereka remaja yang tinggal di panti asuhan. Hasil penelitian adalah bahwa subjek yang mampu beradaptasi dengan perilaku persepsi realitas, kemampuan untuk menangani stres dan kecemasan, serta citra diri yang positif akan memiliki kecerdasan emosi yang positif pula. Ditunjukkan oleh manajemen perilaku mereka dan kontrol emosi yang baik, mampu berpikir positif ketika dihadapkan pada situasi yang kurang menyenangkan, mudah beradaptasi dan mampu membina hubungan interpersonal yang baik dengan, peka terhadap perasaan diri dan orang lain sehingga penyesuaian diri itu dapat berjalan dengan baik, sedangkan subjek yang mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri, ditunjukkan oleh perilaku pemahaman yang buruk dari perasaan yang dirasakan. Jika ada masalah, subjek cenderung diam dan ketika dihadapkan pada situasi yang tidak nyaman, subjek menjadi bosan. Dalam interaksi sehari-hari mereka di panti asuhan, subjek tampaknya tidak memiliki rasa percaya diri sehingga menciptakan hubungan interpersonal yang buruk dengan orang lain.