Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan kompetensi terhadap kinerja guru pada Institut Pendidikan Hidayatullah Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 60 orang yang diambil dari masing-masing unit TK, SD, MTs, dan MA dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala lingkungan kerja, kompetensi dan instrumen penilaian kinerja guru dari Kementerian Pendidikan Nasional. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji Analisis Varians dengan bantuan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan bahwa; (1) Tidak ada pengaruh antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru, melalui uji beda Kruskall Wallis diperoleh hasil sig 0,211 (p> 0,050). (2) Tidak ada pengaruh antara kompetensi terhadap kinerja guru, melalui uji Kruskall Wallis diperoleh hasil sig 0,535 (p> 0,050).