Intensitas Mengunggah Konten Media Sosial Instagram dengan Perilaku Narsistik pada Remaja Awal

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara intensitas mengunggah konten ke  media sosial  instagram  dengan perilaku narsistik  pada  remaja awal  di kota  samarinda.  Perilaku narsistik  adalah pola  kepribadian yang  didominasi oleh perasaan dirinya hebat pada remaja awal, senang dipuji, dan dikagumi serta tidak ada  rasa  empati  yang  bisa  dialami  oleh  remaja  awal.  Jenis  penelitian  ini  adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian berjumlah 70 remaja awal. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu intensitas dan perilaku narsistik. Analisa data yang digunakan dengan uji analisis korelasi Product Moment dengan bantuan  program  Statistical  Package  for  Sosial  Sciences  (SPSS)  25.0  for  windows. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  terdapat  hubungan  yang  sangat  signifikan antara intensitas mengunggah konten ke media sosial instagram dengan perilaku narsistik pada remaja awal di kota samarinda dengan nilai hasil r = 0.898 dan p = 0.000 ( p < 0.05) yang menunjukkan kedua variabel tersebut memiliki korelasi yang sedang. Sehingga dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima.