Intensitas Mengunggah Konten Media Sosial Instagram dengan Perilaku Narsistik pada Remaja Awal
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara intensitas mengunggah konten ke media sosial instagram dengan perilaku narsistik pada remaja awal di kota samarinda. Perilaku narsistik adalah pola kepribadian yang didominasi oleh perasaan dirinya hebat pada remaja awal, senang dipuji, dan dikagumi serta tidak ada rasa empati yang bisa dialami oleh remaja awal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian berjumlah 70 remaja awal. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu intensitas dan perilaku narsistik. Analisa data yang digunakan dengan uji analisis korelasi Product Moment dengan bantuan program Statistical Package for Sosial Sciences (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara intensitas mengunggah konten ke media sosial instagram dengan perilaku narsistik pada remaja awal di kota samarinda dengan nilai hasil r = 0.898 dan p = 0.000 ( p < 0.05) yang menunjukkan kedua variabel tersebut memiliki korelasi yang sedang. Sehingga dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima.