Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru IPS dan Iklim Kelas Dengan Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru IPS dan iklim kelas dengan motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Samarinda dengan jumlah sampel 86 siswa yang dianalisis menggunakan teknik simple random sampling. Metode teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi belajar, kompetensi pedagogik guru IPS dan iklim kelas. Analisis data menggunakan uji regresi berganda dan uji regresi sederhana dengan bantuan program Statistical Package for Special Sciences (SPSS) 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan kompetensi pedagogik guru IPS dan iklim kelas dengan motivasi belajar dengan F hitung> F tabel (8,973> 3,10) dan p value = 0,000 (p <0,05); (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru IPS dengan motivasi belajar dengan koefisien beta (β) = 0,244, nilai t hitung> t tabel (2,175> 1,989) dan p value = 0,033 ( p <0,05); (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklim kelas dengan motivasi belajar dengan koefisien beta (β) = 0,248, t hitung> t tabel (2,207> 1,989) dan p = 0,030 (p <0,05). Kontribusi pengaruh kompetensi pedagogik guru IPS dan iklim kelas dengan motivasi belajar sebesar 0,178 atau 17,8 persen.