Peningkatan Literasi Media dan Pelatihan Pengelolaan Website Sekolah Di SMP Negeri 2 Kalimanah

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 2 Kalimanah adalah sebuah sekolah lanjutan pertama yang berada di daerah Kalimanah, Purbalingga. Berdasarkan observasi serta wawancara yang telah dilakukan, terdapat permasalahan di Sekolah tersebut, yaitu mengenai kurangnya pengetahuan mengenai literasi media serta pengelolaan konten website dari para guru di sekolah tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pembuatan konten website maupun literasi media agar sekolah dapat mandiri dalam mengelola website sekolah. Kegiatan pengabdian terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu need assessment, pelatihan konten website dan literasi media, serta follow up kepada guru SMP N 2 Kalimanah. Hasil kegiatan ini adalah guru-guru dapat memahami mengenai cara pengelolaan konten website serta mendapatkan peningkatan literasi media.