Sosialisasi pengembangan kepribadian guna peningkatan soft skill pada tempat magang
Abstract
Seseorang yang professional bekerja pada bidangnya harus pandai menempatkan diri serta pandai memilih dan memilah penyelesaian suatu permasalahan. Kepribadian individu dapat mempengaruhi lingkungannya, pentingnya kepribadian dalam kelancaran proses pekerjaan menjadi hal yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan secara terus menerus untuk menjaga profesionalisme dalam bekerja. Hal ini juga harus dilalui oleh para siswa jurusan pemasaran pada SMKN 1 Samarinda. Keberhasilan kegiatan magang bukan hanya ditunjang oleh kemampuan siswa secara hard Skill tetapi juga ditunjang oleh kemampuan Soft Skillnya. Pengetahuan Soft skill berkaitan erat dengan etika dan kepribadian para siswa selama proses magang berlangsung. Adapun Metode pengabdian masyarakat dalam sosialisasi hal ini dilakukan dengan metode Brainstorming, Problem Based Learning, Discovery Learning dan Praktik. Peserta yang datang berjumlah 35 Siswa/i Program Studi/ Jurusan dan jumlah yang ditargetkan terpenuhi. Evaluasi 85% peserta sosialisasi yang terdiri dari siswa/I program studi/jurusan marketing berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.