Pelatihan Sistem Jurnal Daring (Online Journal System)

Abstract

Sistem Jurnal Daring merupakan suatu hal penting dalam institusi pendidikan tinggi dan institusi berbasis penelitian. Dalam sistem tersebut terdapat banyak hal, tugas dan peran yang harus saling bersinergi dalam menciptakan hasil berupa jurnal yang berkualitas dan memberikan dampak positif bagi dunia penelitian. Salah satu peran tugas dan peran penting dalam Sistem Jurnal Daring adalah Peninjau. Namun hal yang disayangkan adalah masih kurangnya sosialisasi dan kemampuan pihak yang terkait khususnya dosen dalam pengelolaan jurnal berbasis daring ini. Salah satu peran penting dosen adalah menjadi peninjau dari suatu jurnal ilmiah. Berdasarkan hal tersebut maka penulis berusaha memberikan pelatihan peninjau jurnal daring dengan menggunakan metode partisipatori dan model Bloom. Sebagai hasilnya, peserta menjadi memiliki pengetahuan dalam peran sebagai peninjau dan pada saat yang sama memiliki kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi dan perangkat lunak dasar pada situs jurnal daring yang dijadikan instrumen pelatihan. Pelatihan oleh penulis kali ini bukanlah pelatihan yang sempurna melainkan hanya menjadi pengantar untuk pelatihan pengayaan pemahaman lanjutan terkait penggunaan perangkat daring dalam pengelolaan jurnal.