walimah tasmiyah

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan kurikulum perguruan tinggi pesantren studi pada Al-Ma’had Al-Aly Pondok Pesantren Situbondo, al-Munawwir Krapyak dan Wahid Hasyim Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerangka dasar dan strukur kurikulum di tiga Perguruan Tinggi Pesantren Al-Ma’had Al-Aly memiliki ciri khas sendiri-sendiri dengan standar kompetensi sesuai dengan visi-misi di setiap pesantren. Ma’had Aly Salafiyyah Syafi’iyyah Sukorejo dan Ma’had Aly al-Munawwir lebih menekankan pada program studi fiqh dan ushul fiqh (Qism al-Fiqh wa Ushulihi), sementara Ma’had Aly Wahid Hasyim pada bidang al-fiqh dan tafsir (Qism al-Fiqh Wa Tafsir). Ada perbedaan model kuliah diantara Ma’had Aly tersebut adalah Ma’had Aly Salafiyyah Syafi’iyyah Situbondo lebih menekankan dan melatih santri untuk mendalami metodologi dan maslahah, semantara Ma’had Aly PP al-Munawwir dan PP Wahid Hasyim lebih menitikberatkan kajian kitab kuning yang dipilih sebagai materi perkuliahan.