Manajemen Mutu Pembelajaran Pada Perguruan Tinggi Islam

Abstract

Manajemen mutu pembelajaran merupakan salah satu strategi pergururan tinggi dalam menetapan skala prioritas program peningkatan mutu lulusan melalui pelayanan akademik. Hasil analisis data diperoleh temuan penelitian di IAIN dan UIN sebagai berikut: kepemimpinan ketua jurusan berkontribusi cukup terhadap proses pelayanan akademik, budaya organisasi berkontribusi rendah terhadap proses pelayanan akademik, kinerja dosen berkontribusi cukup terhadap proses pelayanan akademik, fasilitas pembelajaran berkontribusi sangat tinggi terhadap proses pelayanan akademik, kepemimpinan ketua jurusan, budaya organisasi, kinerja dosen dan fasilitas pembelajaran berkontibusi tinggi terhadap proses pelayanan akademik, kepemimpinan ketua jurusan, budaya organisasi, kinerja dosen, dan fasilitas pembelajaran secara bersama-sama berkontribusi cukup terhadap mutu pembelajaaran, proses pelayanan akademik berkontribusi cukup terhadap mutu pembelajaran, kepemimpinan ketua jurusan, budaya organisasi, kinerja dosen, dan fasilitas pembelajaran berkontibusi tinggi terhadap proses pelayanan akademik dan secara keseluruhan berdampak cukup terhadap mutu pembelajaran.