Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Sistem Blok di Program Studi Agribisnis Fakultas Industri Halal UNU Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan manajemen kurikulumsistem blok. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Agribisnis, Fakultas Industri Halal, UNU Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah field research, dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian: (1) Kurikulum sistem blok adalah kurikulum yang mengintegrasikan berbagai mata kuliah menjadi satu blok guna mencapai kompetensi pembelajaran secara tuntas. Strategi pembelajaran menggunakan student centered, dengan tema pembelajaran yang didukung oleh fenomena di masyarakat. Komponen kurikulum sistem blok meliputi tujuan pembelajaran, isi kurikulum, strategi dan metode pembelajaran. (2) Pelaksanakan manajemen kurikulum dengan beberapa tahap, yaitu: Perencanaan dengan membuat formulasi tujuan kurikulum, mempertimbangkan sumber daya manusia, mempertimbangkan infrastruktur perkuliahan, membuat strategi pelaksanaan, pengembangan operasional, dan implementasi. Pengorganisasian kurikulum sistem blok di tingkat program studi diatur oleh tim dan penanggungjawab blok. Pelaksanaan dengan cara menentukan materi, menentukan kebutuhan beban SKS, menentukan jam perkuliahan, dan membagi kebutuhan perkuliahan kedalam jumlah pertemuan. Monitoring dan evaluasi dilakukan dalam rapat kerja 2 mingguan, bulanan, dan akhir semester