PENDIDIK SEBAGAI KONSELOR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

Manusia dibekali oleh Allah dengan berbagai potensi yang dapat dikembangkan melalui pendidikan, dalam mengembangkan potensi tersebut, manusia mempunyai kemampuan yang bervariasi. Oleh karena itu, manusia membutuhkan bantuan orang lain seperti pendidik dalam mengatasi masalahnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hakikat pendidik sebagai konselor dalam perspektif Pendidikan Islam. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan baik berupa buku, jurnal, maupun sumber-sumber lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidik sebagai konselor merupakan pekerjaan yang sangat mulia, maka mendidik bobotnya adalah pembentukan sikap mental atau kepribadian peserta didik sehingga memiliki akhlak (karakter) yang terpuji, hal ini yang membedakan pendidikan Islam dengan pendidikan non Islam. Kata Kunci: Pendidik, Konselor, dan Pendidikan Islam