Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Kelas IV SD

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di SDN 10 Koto Jua, dimana proses pembelajaran IPA masih berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar IPA menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas IV SDN 10 Koto Jua. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 10 Koto Jua. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, implementasi dan hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian, pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 10 Koto Jua.