MODULISASI KITAB KUNING BIDANG FIQH BERBASIS MATERI UAM DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM AIR PACAH

Abstract

Permasalahan utama penelitian ini ialah berkaitan dengan fenomena penggunaan kitab kuning yang beranekaragam sebagai bahan ajar yang berorientasi pada pendalaman gramatika bahasa sementara aspek isi dari sumber belajar jarang tercapai, padahal pengetahuan isi tersebut dibutuhkan santri pada saat Ujian Akhir Madrasah nantinya. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang berorientasi pada materi UAM tingkat Tsanawiyyah. Pendekatan yang digunakan ialah research and development dengan metode penelitian kualitatif. Dalam pelaksanaannya penelitian ini terdiri tiga tahapan, yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap pelaksanaan. Adapun teknik analisis data yang akan digunakan ialah teknik analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Hubermas. Dari studi pendahuluan diketahui bahwa materi kitab kuning yang perlu dikembangkan ialah hadas dan najis, shalat lima waktu dan hal-hal yang berkaitan dengannya, zikir dan doa, sujud, puasa, zakat, haji dan umrah, sedekah, hibah, dan hadiah, makanan yang halal dan haram, penyembelihan binatang, kurban dan akikah, jual beli dan qirad, riba, pinjam-meminjam, hutang-piutang, gadai, upah, pengurusan jenazah, ketentuan waris. Dalam mengembangkan materi-materi tersebut dengan tetap berbentuk kitab kuning peneliti melakukan kajian terhadap kitab-kitab kuning yang memuat materi tersebut yang kemudian menyusunnya dalam bentuk modul. Hasil uji coba, penilaian ahli menunjukkan materi yang dikembangkan lebih mudah dipahami santri dengan tetap menjaga kemampuan gramatika bahasa Arab. Kata Kunci: pengembangan; modul; kitab kuning; fiqih; UAM