Pengaruh Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah
Abstract
Pola kepemimpinan birokratikal dan profesionalitas kepala sekolah perlu ada di dalam uatu sekolah karena merupakan salah satu unsur penentu dalam keberhasilan pembentukan karakter siswa. Tujuan penulisan ini adalah: (1) Untuk mengetahui sejauh mana pola kepemimpinan birokratikal Kepala Sekolah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Sulit Air. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pola kepemimpinan birokratikal kepala sekolah terhadap pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif analisis. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research). Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas x. Hasil penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan data pola kepemimpinan birokratikal kepala sekolah dapat dikategorikan tergolong kepada klasifikasi baik yaitu berkisar pada interval 57-65. Oleh sebab itu, pola kepemimpinan birokratikal kepala sekolah tergolong kepada klasifikasi baik. (2) Berdasarkan hasil dari data Pola kepemimpinan birokratikal kepala sekolah terhadap Pembentukan karakter siswa dengan persentase nilai r square 0,318 x 100% = 31,8 %. Dan berdasarkan hasil data yang ada di dapati pengaruh pola kepemimpinan birokratikal terhadap pembentukan karakter siswa, Jadi dari data-data di atas terdapat pengaruh pola kepemimpinan kepala sekolah dengan persentase nilai r square 0,318 x 100% = 31,8% dan 68,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata Kunci: Kepemimpinan; Birokratikal; Karakter; Madrasah Aliyah.