MULTIPLE INTELLIGENCE

Abstract

Salah satu hal yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya adalah kecerdasan. Kecerdasan yang dilatih untuk meningkatkan daya hidup manusia dalam kehidupannya. Kecerdasan yang dimiliki manusia terdapat sembilan macam yang memang tidak semua ada dalam dirinya. Kecerdasan ini disebut dengan multiple intelligence bermakna kecerdasan ganda. Dalam diri manusia terdapat kecerdasan ganda yang membutuhkan latihan untuk meningkatkannya. Peningkatan kecerdasan ini memerlukan proses sehingga muncul dan berkontribusi dalam hidup manusia. Salah satu proses latihan yang dilakukan adalah melalui pendidikan. Pendidikan yang tentunya dilakukan oleh pendidik untuk peserta didiknya di Sekolah. Maka dalam penelitian ini dibahas tentang bagaimana seorang pendidik meningkatkan kecerdasan yang terdapat dalam diri peserta didiknya. Dengan menggunakan data yang diperoleh melalui penelitian pustaka yang terdapat diberbagai buku, makalah, dan berbagai sumber lainnya. Disamping itu juga diperoleh data melalui media internet. Hasil analisis data diperoleh bahwa manusia memiliki sembilan kecerdasan dalam dirinya. Akan tetapi, kecerdasan yang akan menonjol hanya satu atau dua macam yang perlu dilatih dan ditingkatkan sehingga kecerdasan tersebut menjadi maksimal dan mampu mengatur kehidupan menjadi lebih baik. Sebagai contoh apabila kecerdasan intelektual tinggi yang dimiliki oleh peserta didik akan berjalan dengan wajar apabila diiringi dengan kecerdasan emosionalnya. Tanpa kecerdasan emosional maka kecerdasan intelektual tidak akan berjalan dengan baik bahkan mungkin tidak akan membantu untuk mencapai keberhasilan dalam hidupnya. Oleh sebab itu, tugas pendidik adalah membantu peserta didik untuk meningkatkan kecerdasan yang menonjol dalam dirinya. Keyword: Multiple Intelligence, Pendidikan