Penerapan Media Pembelajaran Matematika MI/SD Berbasis Multimedia

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai pembelajaran Matematika MI/SD. Dikarenakan penyampaian materi yang kurang menarik bahkan sulit untuk dipahami oleh mahasiswa. Penelitian ini berujuan unuk mengetahui kelayakan dan penerapan media pembelajaran berbasis multimedia pada materi strategi pembelajaran matematika di MI/SD terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa prodi PGMI. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester I Angkatan 2019 prodi PGMI UMSB. Populasi berjumlah 20 orang, sehingga semua populasi dijadikan sampel. Dari hasil validitas ahli materi dan ahli desain media terhadap media pembelajaran berbasis multimedia diperoleh masing-masing total nilai 77,5% dan 82,5% dengan kriteria valid dan sangat valid. Sehingga dengan hasil ini media pembelajaran matematika berbasis multimedia layak digunakan. Berdasarkan hasil uji-t Paired Samples Test diketahui bahwa nilai sig sebesar 0,000>0,05. Sedangkan thitung -16.071 dan untuk ttabel pada araf signifikan ⍺=5% (0,05) dengan derajat kebebasan (df) n-1 atau 20-1=19. Pengujian 2 sisi (signifikasi = 0,025) hasil diperoleh untuk tabel pada 2,01537 dengan taraf signifikan 0,025. Didapatkan hasil -thitung < -ttabel (-16.071 < 2, 01537). Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis mulimedia pada materi strategi pembelajaran matematika di MI/SD dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa PGMI UMSB.