PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MINIMARKET KOPKAR PRIMAVERA PT INDO AMERICAN CERAMICS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Minimarket Kopkar Primaveria PT Indo American Ceramic. Populasi pada penelitian ini adalah Konsumen minimarket kopkar Primavera PT Indo American Ceramic . Metode sampling yang digunakan yaitu Simple Random sampling , pengambilan sampel dengan mengacak sampel yang dianggap homogen dengan menggunakan metode slovin, sehingga sampel yang di ambil berjumlah 76 orang, data kuesioner yang layak adalah data yang memiliki jawaban untuk setiap pernyataan yang diajukan dan tidak outlier. Metode pengumpulan data primer berupa kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan uji pearson product moment dan statistik Cronbach Alpha. Metode analisis untuk menjawab hipotesis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan promosi berpengaruh positif dan simultan signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara parsial Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dengan demikian promosi memiliki peran positif dalam pengambilan keputusan pembelian barang di Minimarket Kopkar Primavera PT Indo American Ceramic.