Implementasi Model “Samarasa” sebagai Kunci Keberhasilan dalam Mengelola Sekolah

Abstract

Model “Samarasa” merupakan tiga kompetensi utama yang disyaratkan untuk kepala sekolah dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya, meliputi kompetensi supervisi akademik, manajerial dan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model “samarasa” sebagai kunci keberhasilan dalam mengelola sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berupaya mendeskripsikan penerapan model “Samarasa” dalam mengelola SMP Islam Assyafi’iyah. Data yang digunakan dalam penelitian terdiri dari data primer dan sekunder. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga kegiatan (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan) yang merupakan proses siklus dan interaktif sehingga didapatkan hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan. Berdasarkan penelitia didapatkan  hasil bahwa implementasi “Samarasa” yang dilakukan oleh kepala sekolah telah memperlihatkan beberapa keberhasilan yaitu peningkatan jumlah peserta didik, pengembangan sarana dan prasarana sekolah, peningkatan kedisiplinan warga sekolah dan perubahan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa implementasi model “Samarasa” telah mampu memberikan dampak positif pada kemajuan sekolah.