Penerapan Manajemen Strategis pada Sekolah Berstandar Nasional berdasarkan Prinsip Covey

Abstract

Penerapan manajemen strategis dan penyusunan berbagai strategi dalam pengembangan sebuah lembaga pendidikan telah mencatat keberhasilan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan manajemen strtegis pada sekolah berstandar nasional berdasarkan prinsip Covey. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan di tiga SMP negeri  yang berstandar nasionalyaitu di SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 5 di  Kota Sukabumi. Responden terdiri dari 24 orang yang terdiri dari 9 orang guru, 6 orang tata usaha, 3 orang wakil kepala sekolah, 3 orang kepala sekolah, dan 3 orang komite sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Proses pengumpulan dan analisis data dilakukan secara terus menerus melalui kroscek, cek and re-cek, analisis dan re-analisis data, sehingga akhirnya ditemukan fakta secara menyeluruh. Berdasarkan hasil penelitian, sekolah sebagai instansi yang memberi layanan publik di bidang pendidikan, dalam peningkatan mutunya dapat menggunakan sistem manajemen strategis melalui prinsip Covey dengan perspektifnya pada keteladanan dan pribadi utuh kepemimpinan sehingga menggerakan kinerja yang unggul. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen strategis pendidikan bermutu di Kota Sukabumi sesuai dengan harapan.