Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi pola bilangan. Penelitan dilaksanakan di SMPN 2 Suwawa pada Tahun Ajaran 2020/2021 denga subjek penelitian adalah siswa kelas VIII. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan wawancara, tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa, sementara wawancara digunakan untuk melengkapi dan memperkuat informasi tambahan yan diperlukan. Kemampuan berpikir kritis diukur dengan 4 indikator, yaitu: 1. Memberikan penjelasan sederhana, 2. Membangun keterampilan dasar, 3. Menyimpulkan, 4. Mengatur strategi dan taktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Suwawa termasuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 53,35%.