PAKEM SUATU CARA DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Penelitian model pakem dilatarbelakangi oleh adanya sebagian mahasiswa yang mendapatkan nilai yang rendah, metode pembelajaran yang digunakan belum dapat memecahkan masalah bagi dosen serta keaktifan mahasiswa belum merata. Tujuan penelitian mendeskripsikan bagaimana penerapan serta pengaruh yang ditimbulkan dalam penerapan pembelajaran pakem dalam mata kuliah Tahqiq An-Nusus. Dalam pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik pengamatan, wawancara serta tes sedangkan pengolahan datanya digunakan analisis deskriptif komparatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dari dua siklus dengan dua model yaitu Gallery Work dan Team Quis dalam kategori sangat baik paling tinggi 58,82% yang disusul 32,35 % dalam kategori baik dan 8,82% sangat kurang. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa menunjukkan keberanian dalam berfikir, menganalisa tanggapan-tanggapan yang dilontarkan oleh temannya, antara mahasiswa dan dosen terjadi interaksi dalam memecahkan masalah, begitu juga saat mendiskusikan pertanyaan dan tanggapan dari kelompok lain sudah berbagi dengan teman sekelompoknya untuk saling bergantian dalam menjawab pertanyaan dan sanggahan dari kelompok lain. Demikian pula mahasiswa yang tadinya pendiam sudah berbaur dengan mahasiswa yang aktif dalam diskusi. Kepercayaan dirinya mulai terbangun kembali