KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH AS’ADIYAH PUTERI SENGKANG KABUPATEN WAJO

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi pedagogik guru pendidikan Islam di Madrasah Aliyah As‟adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo belum maksimal, yang berkaitan dengan tugas fungsinya sebagai guru, guru hendaknya menguasai teori belajar dan prinsip kegiatan pembelajaran, dan mampu menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampuh. 2) Guru pendidikan Islam dalam pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah As‟adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo, masih diperlukan efektivitas yang lebih optimal agar keberhasilan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan operasional guru mata pelajaran pendidikan Islam, terlihat dari upaya guru untuk melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terutama yang berkenaan dengan perangkat pembelajaran, diperlukan model pembelajaran sesuai dengan tuntutan isi dan hasil yang diharapkan. 3) Faktor pendukung guru pendidikan Islam dalam pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah As‟adiyah Puteri Sengkang yaitu ketersediaan perangkat pembelajaran, prasarana Madrasah, dan fungsi yang mendukung kegiatan pembelajaran. Faktor penghambat guru pendidikan Islam dalam pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah As‟adiyah Puteri Sengkang yaitu keterbatasan jam pelajaran, kedisiplinan guru dan sarana belajar Madrasah.