HUBUNGAN GENDER DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PADA MAHASISWA TBI IAIN TAKENGON TA.2019/2020

Abstract

Penelitian ini melihat hubungan antara gender dengan hasil belajar pada mata kuliah metodologi penelitian pada mahasiswa TBI TA. 2019/2020.  Gender merupakan salah satu bagian dari aspek psikologis yang berasal dari individu seseorang yang akan mempengaruhi keberhasilan belajar seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara gender dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metodologi penelitian TA. 2019/2020. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester V IAIN Takengon sedangkan teknik pengambilan sampelnya adalah sampling jenuh, sehingga seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel yaitu sebanyak 25 orang mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan melihat hubungan antara kedua variabel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Dari hasil analisis data tersebut didapatkan bahwa nilai r hitungnya adalah 0,15 dan r tabelnya adalah 0,3809 sehingga r hitung lebih kecil dari pada r tabel. Dan menghasilkan kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara gender dengan hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian pada mahasiswa TBI TA. 2019/2020 di IAIN Takengon.