ANALISIS NILAI-NILAI KEBANGSAAN DAN KEBHINEKAAN DI MADRASAH MADANI ALAUDDIN MAKASSAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan yang dilakukan dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan kebhinnekaan di Madrasah Madani Alauddin Makassar. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara kepada siswa, guru, dan kepala madrasah. Dalam proses penanaman nilai-nilai kebangsaan dan kebhinnekaan pada peserta didik di tengah arus globalisasi dilakukan melalui berbagai cara, melalui pembelajaran PKn di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, serta mengadakan kegiatan positif di sekolah untuk menunjang jiwa kebangsaan peserta didik. Faktor pendukung dalam menanamkan nilai kebangsaan dan kebhinnekaan pada peserta didik di antaranya adalah kerjasama pihak sekolah yakni kepala sekolah dan guru dalam memberikan contoh atau keteladanan yang baik kepada peserta didik, minat peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, sarana dan prasarana yang mencukupi. Faktor penghambat dalam menanamkan nilai kebangsaan pada peserta didik di antaranya adalah karakter peserta didik  dari latar belakang keluarga yang berbeda, dan peserta didik belum bisa membagi waktu untuk kegiatan di sekolah dengan baik. Untuk mengatasi hambatan dalam menanamkan nilai kebangsaan dan kebhinnekaan pada peserta didik adalah para guru mengadakan problem solving dengan upaya memotivasi peserta didik  untuk saling menghargai antar sesama, pihak sekolah yakni kepala sekolah dan guru mengadakan evaluasi setiap semester kepada peserta didik untuk melihat perkembangan peserta didik.